Minggu, 01 April 2012

Masa yg Menghilang

woooww, tiba2 aja inget masa-masa kecil dulu jaman masih SD... Belum ada hp, internet apalagi Blackberry (yg ada mah blekborot...wkwkwkwkkk....), sungguh masa-masa yang sangat menyenangkan... Bermain petasan ketika abis sahur rame sma tmen2, maen disawah smbil nunggu buka puasa...hihihiiii... unforgetable moments yaahh... Beda dgan anak2 jaman sekarang, maennya di Mall, di warnet dll yg alhasil kdang buka situs aneh2 yg belum layak untuk dkonsumsi anak2 seusia mereka...

Ngomong2 soal masa lalu, jadi inget mcem2 permainan yg sangat menyenangkan dan akan membuat kita tersenyum simpul ktika mengingatnya...

Cekidot n flash back for a while yuuukkk...


Bekel : permainan menggunakan bola karet kecil dan lima buah ‘bekel’. Ada lima tahap dilalui yaitu, tahap pertama sambil duduk, bola dilemparkan kira-kira setinggi kepala, selama bola di udara bekel diambil  satu-satu, lalu diambil dua-dua, sampai lima limanya diambil. Tahap kedua: ‘pit’, Ketiga: ‘ro’, Keempat ‘klat’, kelima ‘s’. Maksud saya disini, bekel harus diubah menurut posisi menurut urutan. Tahap keenam , Naspel. Waktu ‘naspel’, bekel diubah posisi seperti tadi hanya saja pemain tidak boleh terlihat gigi. Bila gagal, ganti pemain lain.

Sudamanda : merupakan permainan menggunakan ‘gaco’ dan  ‘gambar kotak’ pada jalan atau tanah. “gaco’ bisa berupa batu, karet atau apa pun. “gambar kotak’  pada jalan biasanya digambar menggunakan batu bata atau kapur.  Cara mainnya : pemain pertama melemparkan ‘gaco’ pada ‘gambar kotak’. lalu melompat mengikuti gambar itu sambil mengambil ‘gaco’ dan kembali ke awal / start.

Deli’ – deli’an (petak umpet). Permainan dimana seorang anak pada suatu ‘markas’ menutup mata sambil menghitung angka misal dari satu sampai tiga puluh. Anak-anak lain bersembunyi. Anak yang kebagian menghitung tadi setelah selesai menghitung bertugas mencari anak lain.  Bila anak lain ketahuan , anak penghitung tadi harus berlomba dengan anak yang ketahuan untuk memegang ‘markas’ sambil mengatakan 'SKIT'.  Bila anak penghitung tadi terlambat, maka dia harus menjadi anak penghitung lagi, sebaliknya anak ketahuan harus jadi anak penghitung.

Loncatan : Permainan menggunakan tali karet. Dimana peloncat tidak boleh kena karet. Cara meloncat bisa menggunakan gaya ‘wedo’an’ atau ‘lanangan’. Buat yang belum bisa loncat, biasanya anak kecil dijadikan ‘pupuk bawang’ dan dia boleh loncat mengenai karet. Tahapannya, pertama tali digoyang-goyang di atas mengenai tanah, lalu tali dinaikkan setinggi lutut / dengkul, lalu setinggi pinggang, lalu setinggi dada, setinggi  telinga/ kuping, setinggi kepala , diteruskan setinggi tangan yang dikepalkan ke atas / merdeka, terakhir istilahnya ‘ merdeka tim’ yaitu seperti merdeka ditambah ujung telunjuk mengarah ke atas.

Bongkar pasang : Permainan anak perampuan menggunakan gambar berupa orang dan pakaiannya. Orang dan pakaian ini bermacam – macam bentuk. Biasanya anak perempuan akan membuat juga rumah-rumahan untuk bongkar pasangnya. Rumah-rumahan ini desainnya seperti rumah biasa hanya tidak beratap. Biasanya furnitur terbuat dari kardus kecil, dan sebagainya.

itu hanya sebagian dari berbagai macam permainan yg ada dmasa kecil dulu yg sepertinya saat ini susah skali utk dtemukan...  Sungguh masa-masa yg teramat sangat menyenangkan dan tak perlu merogoh kocek berlebihan...

gimana yaaa seandainya permainan-permainan itu msi ada dan dimainkan oleh anak2 jaman skarang...??? #berharap#

0 comments:

Posting Komentar