Rabu, 04 Juli 2012

Lovely Spain...

Secara geografis, Spanyol terletak di barat daya benua Eropa pada Semenanjung Iberia, berbatasan darat langsung dengan Portugal di sebelah barat dan Prancis di sebelah timur laut. Spanyol bagian selatan dekat dengan Benua Afrika, dipisahkan oleh Selat Gilbraltar. Sebelah timur Spanyol disisir oleh  Laut Mediterania, sedangkan sebelah utara terdapat Teluk Biscay yang dibentuk oleh daratan Spanyol dan Prancis. Wilayahnya mencakupi kepulauan Canary di Samudra Atlantik dan kepulauan Baleares di Laut Mediterania.

Negara Spanyol...

 
Lambang Negara Spanyol
Beribukota di Madrid dengan 17 otonomi dan 50 provinsi. Juga di Afrika bagian utara, terdapat dua daerah teritori bernama Ceuta dan Melilla. Tahun 2007 tercatat ada 45.200.737 penduduk Spanyol, 3.132.463 di antaranya tinggal di Madrid.

Bahasa nasional yang digunakan adalah castellano atau Bahasa Spanyol. Namun pada daerah-daerah tertentu digunakan bahasa daerah seperti: Catalán di Catalonia, Kepulauan Baleares, dan Valencia (namun dengan sedikit perbedaan pada masing-masing daerah), Gallego di Galicia, Vasco atau Euskera di Vasco (Basque), dan Aranés (Occitan, bahasa Prancis Selatan) di Lérida.

Sejak 22 November 1975, Spanyol yang bentuk pemerintahannya adalah monarki parlementer memiliki seorang raja: Don Juan Carlos de Borbón y Borbón, sedangkan jabatan Presiden dikuasai oleh José Luis Rodríguez Zapatero. 12 Oktober ditetapkan sebagai hari nasional untuk mengenang penemuan Benua Amerika oleh Christopher Colombus pada 1492.


17 Otonomi Spanyol adalah...
ANDALUCIA mencakup Granada, Málaga, Sevilla, Córdoba, Huelva, Jáen, Cádiz, dan Almería
ARAGON mencakup Zaragoza, Huesca, dan Teruel
ASTURIAS mencakup Oviedo
kepulauan BALEARES mencakup Palma de Mallorca dan Ibiza
VASCO (Basque) mencakup San Sebastian dan Bilbao
kepulauan CANARY mencakup Tenerife dan Las Palmas
CANTABRIA mencakup Santander
CASTILLA LA MANCHA mencakup Toledo, Guadalajara, Cuenca, Albacete, dan Ciudad Real
CASTILLA Y LEON mencakup Valladoid, Salamanca, Avila, Segovia, Sorio, Burgos, Palencia, Zamora, dan León
CATALONIA mencakup Barcelona, Lleida, Girona, dan Tarragona
EXTREMADURA mencakup Badajos dan Cácerez
GALICIA mencakup La Coruña, Lugo, Ourense, dan Pontevedra
LA RIOJA mencakup Logroño
MADRID
MURCIA 
NAVARRA mencakup Pamplona
VALENCIA mencakup Castellón, Valencia, dan Alicante

0 comments:

Posting Komentar